Langsung ke konten utama

Konsumsi Bayam : Manfaat, Resiko dan Fakta

Daun Bayam Sehat dan Segar

Ingat popeye, suka menonton filmnya? Karakter popeye ini menjadi sangat kuat ketika ia memakan sekaleng bayam. Tapi tahukan anda, bahwa bayam pada kenyataannya sangat bermanfaat bagi kita, membuat tubuh sehat dan melindungi kita dari berbagai macam penyakit. 

Bayam selain rasanya yang lezat dikenal juga akan kualitas nutrisi, anti oksidan dan mineralnya. Bayam merupakan sumber makanan yang baik untuk vitamin K, vitamin A, vitamin C dan asam folat. Dan juga sumber makanan yang mengandung mangan, magnesium, zat besi dan vitamin B12. 

100 gram bayam mengandung :
23 kalori, 3 gram protein, 0 gram lemak, 4 gram karbohidrat dan 2 gram serat.


Berikut ini manfaat bayam bagi kesehatan :

Memulihkan Energi
Bayam merupakan tanaman yang memiliki kemampuan memulihkan energi, meningkatkan vitalitas dan memperbaiki kualitas darah. Hal ini karena bayam kaya kandungan zat besi. Zat besi ini berperan penting bagi sel darah merah yaitu untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.
Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan Lutein dan zeaxanthin yang tinggi pada bayam dapat mengurangi resiko degenerasi makula dan mencegah katarak

Anti Inflamasi
Warna daun bayam yang hijau gelap menunjukkan bahwa mereka kaya kandungan klorofil dan karetonoid yang baik untuk kesehatan seperti betakarotin, lutein dan zeaxanthin. Bahan kimia nabati ini memiliki khasiat sebagai anti inflamatory (anti peradangan).

Anti Kanker
Berdasarkan berbagai riset, antioksidan betakarotin yang dikandungnya dapat membantu melawan kanker seperti kanker payudara, prostat dan kanker ovarium. Bayam juga mengurangi resiko kanker kulit. Berdasarkan riset dari queensland institute of medical research, peneliti menemukan hubungan bayam dengan menurunnya resiko terkena kanker kulit. Terutama bagi mereka yang memiliki sejarah penyakit tersebut.

Membantu Kesehatan Tulang
bayam termasuk tanaman yang paling banyak kandungan vitamin K nya. Tingginya kandungan vitamin K pada bayam penting untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin K1 membantu mencegah aktiviasi berlebihan dari osteoclast (sel yang dapat memecah tulang), kemudian bakteria yang baik dalam usus kita mengkonversi vitamin K1 menjadi vitamin K2 yang dapat mengaktifkan osteocalcin (protein utaman non kolagen di dalam tulang). Osteocalcin menanam/mengikat kuat molekul kalsium ke dalam tulang.
Bayam juga sumber yang baik bagi nutrisi pendukung kesehatan tulang seperti kalsium dan magnesium.


Resiko Mengkonsumsi bayam
  • Bayam kaya kandungan asam axalat yang dapat mengganggu penyerapan kalsium. Namun dengan mengkonsumsi makanan kaya vitamin C seperti tomat, jus lemon, jus orange maka penyerapan kalsium dapat ditingkatkan. Untuk mengurangi konsentrasi asam oxalat, direkomendasikan untuk merebus bayam sekitar 1 menit saja (agar rasa dan nutrisinya tetap terjaga). Buang air rebusannya untuk mengurangi kadar asam oxalat.
  • Bayam kaya serat namun jika di makan terlalu banyak dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung dan buang angin.
  • Bayam dihubungkan dengan meningkatnya resiko batu ginjal, namun hal ini hanya dapat terjadi bagi mereka yang memiliki sejarah penyakit ini.
Fakta tentang bayam
  • Bayam tumbuh dengan baik di iklim sedang. Saat ini amerika serikat dan belanda adalah produsen bayam komersial terbesar di dunia.
  • Pilih bayam yang memiliki warna daun hijau segar tanpa ada bagian yang layu. Hindari bayam yang ada tanda – tanda lendir di tubuhnya. Hal ini menunjukkan kondisi bayam sudah tidak baik.
  • Jangan mencuci bayam sebelum di simpan karena air akan menyebabkan pembusukan. Bungkus bayam dengan plastik lalu masukkan kulkas, cara ini dapat menjaga kesegaran bayam hingga 5 hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Perpanjang STNK, Pembayaran Pajak Kendaraan 5 Tahunan dan Pembuatan Plat Nomor Baru

Tahun ini STNK dan dan Pajak Kendaraan saya (PKB mobil) sudah harus diperpanjang untuk Tahun yang ke 5 (lima). Untuk perpanjangan STNK dan pembayaran Pajak kendaraan bermotor usia 5 tahun ini perlu dilakukan pengecekan fisik dan penggantian plat nomor pada kendaraan. Jadi prosesnya perlu dilakukan di kantor SAMSAT yang memiliki fasilitas tersebut.  Saya saat ini berdomisili di Jakarta Timur, maka tempat yang terdekat bagi saya untuk mengurus perpanjangan STNK, pembayaran pajak dan mendapatkan plat nomor kendaraan yang baru adalah di SAMSAT Kebon Nanas – Jakarta Timur (Kantor Dinas Pelayanan Pajak Provinsi DKI Jakarta, Kantor Bersama SAMSAT Jakarta Timur). Pengalaman proses pengurusan inilah yang akan saya bagikan untuk anda. Karena hari yang saya pilih untuk pengurusan surat – surat ini adalah hari Jumat maka saya bersiap untuk berangkat agak pagi. Target saya sebelum salat Jumat dimulai STNK, Pajak Kendaraan dan Plat Nomor kendaraan sudah dapat diperoleh. Sampai di lokasi SAMSAT Kebon

Pameran Batu Akik - di DPR 2015

Pada tanggal 11 juni 2015 saya sedang ada kegiatan di DPR. Setelah menembus macetnya ibu kota sampailah saya di komplek DPR – MPR – DPD RI. Ternyata disana ada keramaian yang tidak biasa di gedung kura – kura. Karena penasaran lalu saya dekati, ternyata ada pameran batu mulia (batu akik) 2015  di pelataran gedung tersebut yang sudah berlangsung sejak hari senin tanggal 18 juni 2015. Wah menarik ini, kapan lagi bisa lihat koleksi batu akik koleksi jajaran staf setjen dan anggota DPR. Pasti koleksinya bagus dan istimewa. Ok segera saya selesaikan dulu urusan di DPR kemudian setelahnya langsung menuju ke pameran tersebut. Memasuki ruang pameran lewat pintu samping dekat kantor cabang bank mandiri, suasana pameran mulai terlihat, di sisi kiri berjejer pedagang yang menawarkan batu akik dari berbagai jenis dan bentuk mulai dari batu bongkahan mentah sampai dengan cincin batu akik yang sudah jadi. Harga jual mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Cukup melihat pemandangan saya lanjut

Wisata ke Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ir. H. Djuanda – Dago Pakar – Bandung

Hola reader bankjim.com, seminggu setelah hari raya idul fitri 2017 kami sekeluarga pergi berlibur ke ke taman hutan rakyat (tahura) Ir. H. Djuanda. Alamatnya di komplek tahura Ir H. Djuanda No. 99, Dago pakar, Bandung. Tujuan kami adalah ingin melihat gua bersejarah yaitu goa jepang dan goa belanda yang keduanya berada di kawasan tahura ini. Kenapa goa tersebut targetnya, mungkin terinspirasi acara mister tukul di tv, maka keluarga kami jadi penasaran. Hahaha. Harga tiket masuk ke taman hutan rakyat (tahura) ini adalah Rp 12.000,- per orang untuk wisatawan nusantara (lokal) sedangkan harga tiket masuk untuk wisatawan mancanegara Rp 52.000,- per orang. Biaya parkir untuk mobil Rp 12.000 per mobil dan Rp 6.000,- per motor.    Selepas pintu masuk no. 1 terdapat peta lokasi kawasan wisata alam tahura. Berdasarkan peta tersebut selain goa jepang dan goa belanda, anda dapat mengunjungi spot wisata seperti curug koleang, penakaran rusa, curug kidang, curug omas maribaya, patahan lembang atau

pengunjung